Skip to main content

Posts

Showing posts from 2012

Pahlawan

Pahlawan... (untuk definisinya bisa dicari di wikipedia.org ya!). Pas banget nih, November emang identik dengan Hari Pahlawan. Hari Pahlawan sendiri adalah hari spesial bagi Bangsa Indonesia, hari ini adalah hari untuk memperingati Pertempuran Surabaya dengan para sekutu. Oke, sebagian besar dari kita mungkin sering berpikir bahwa pahlawan adalah orang yang berjasa terhadap bangsa, rela bertaruh nyawa demi negara atau semacamnya, tapi sebenarnya gak harus begitu loh. For me, everyone can be a hero.
Kok bisa sih? Iya, karena zaman sekarang kan negara udah pada merdeka, Indonesia pun udah lama merdeka. Zaman sekarang itu yang namanya pahlawan bukan orang-orang yang megang bambu runcing, tapi orang-orang yang Berani Bermimpi, Berani Mencoba, Berani Gagal, Berani Hidup Mandiri dan Berani sukses!
Well, sebenernya itu kata-kata dari guru enterpreneur gue. Kata guru enterpreneur gue, itu adalah adalah sikap dasar seorang enterpreneur. Yap, gue mengambil kesimpulan bahwa pahlawan zaman sekar…

Asap Perang

Pagi itu biru. Aku masih menopang tubuhku dengan lutut dan jari-jari kakiku di atas tanah. Mamaku masih berada di sampingku, bertahan dengan isak tangisnya. Di belakangku berdiri Laras dan Zahra. Laras---kekasih Angga, adikku yang sekarang sudah di sana---masih menutupi mulutnya dengan sapu tangan birunya, yang kemudian aku ketahui bahwa itu pemberian dari Angga. Beberapa remaja putih abu-abu masih berada di bawah pohon mahoni, memerhatikan kami yang masih berpanas-panasan sejak tadi.
"Gar, sudah siang nih, ajak mamamu berteduh. Baju hitam kan menyerap panas." kata Ibu Dewi, guru Bahasa Indonesia sekaligus wali kelas adikku.
Ibu Dewi masih ingat padaku ternyata, beliau pernah mengajariku ilmu-ilmu di tahun terakhirku.
Di bangku kayu yang sewaktu-waktu bisa roboh itu Mama dan Ibu Dewi duduk. Mama masih meratap, sulit menerima realita. Aku berdiri di samping Laras sambil sesekali mengelus-elus punggungnya ketika nafasnya terengah-engah. Sulit untuk diterima memang, adikku sat…

Nabil

Indah duduk disana, di kursi kayu. Bersandar di tembok, meletakkan kakinya di atas kursi kayu di sebelahnya. Ini jam istirahat, ia selalu memilih untuk seperti itu setelah ia memakan bekalnya. Jika ia tidak melakukan hal itu, ia pasti sibuk membaca novelnya. Di kursi-kursi belakang, di barisan meja kursi sebelahnya ada sekelompok perempuan---mereka selalu begitu, bercengkrama bersama sambil memakan makanan ringan atau sekedar sambil memencet keypad telepon genggam mereka. Indah diam, memikirkan sesuatu entah pelajaran, masalah di rumah atau hal-hal aneh yang memang sering kali memasuki pikiran orang-orang yang sedang menganggur sepertinya. Sambil sesekali melihat layar telepon genggamnya, menunggu sms atau telepon Indah melirik ke arah mereka yang duduk di atas kursi-kursi itu. Mereka terlihat bahagia. Terkadang Indah iri, ia selalu berkata dalam hatinyamengapa aku tidak bisa seperti mereka yang pintar bersosialisasi? Mengapa mereka begitu mudah mendapatkan teman? Why are they so ador…

Frau Nonon

Hari ini istimewa. Jam pelajaran ke-5 dan ke-6 yang aneh---aneh karena ini kali pertama aku mengalami hal yang seperti ini. Mungkin beberapa temanku juga merasakan hal yang sama.
Frau Nonon, kami biasa memanggilnya. Beliau guru kami---guru Bahasa Jerman. Dia menyebalkan, sepertinya dia galak itu penghakiman pertama yang meluap di udara ketika pertama kali aku melihatnya. Mungkin teman-temanku juga berpikir demikian. Tapi hanya butuh beberapa hari---beberapa minggu mungkin---aku lupa, untuk beliau untuk beradaptasi, bersatu dengan murid-muridnya.
Aku masih ingat ketika kami---aku dan teman-teman satu kelas berkumpul di kelas kami, menangis bersama-sama mengeluarkan semua uap panas yang sudah terkumpul di kepala dan membiarkannya terbang jauh. Aku juga masih ingat saat semua perempuan penghuni kelas yang berada di samping toilet wanita itu bersatu, belajar Bahasa Jerman bersama di rumah Ayu. Aku selalu ingat saat kami bersama-sama merayakan ulang tahun beliau siang itu. Aku ingat saat …

The Drawbacks of Porn Site

Porn site. What is porn site? I bet everybody who read this know what porn site is. Well for you (kids) who do not know what porn site is, here I give you the explanation about it; Porn site is a site which is containing a bunch of inappropriate pictures and videos to fulfill the people (men or women) sex needs. So if men or women need to satisfy their eyes, brain and also their passion for doing sex but they do not have a partner to do it, they will open that site so that they can be masturbating and finally their sex needs is fulfilled. For me, porn site brings more negative effects than the positive effects, especially for children and teenagers.
The first negative effect is porn site can make people who visit that site become an addict. Because they can get the satisfication faster than people who fulfill their sex need by doing a healthy sex with their partner (marriage couple). Why they can get the satisfication faster? It is because of those porn sites are easy to accessed by …

Mudik Lebaran

9-24 Agustus 2012 gue dan keluarga gak ada di rumah karena...


Kami naik kereta Argo Anggrek. Berangkat pagi, sampai rumah eyang di Surabaya malam.

Keesokan malamnya kami main ke UNAIR (my future university. amen), makan Tahu Tek dan minum Es Teler. Hehehe...

Tanggal 12 pagi hari, kami main ke Taman Bungkul pakai baju yang dikasih Bulik Eli.

Lanjut ke Masjid Nasional Al-Akbar.

Masjid Cheng Ho itu unikkk... banget.

Eh pas mau foto di depan air mancur, malah mati air mancurnya -_-

Malam harinya gue dan keluarga berkunjung ke rumah Paklik-nya mama dan lanjut ke Zangrandi. Es krim Zangrandi rasanya aneh. Kata mama rasanya seperti rasa es krim zaman dulu, masih tradisional, tapi penampilannya modern.

Esok harinya gue, mama dan papa ke Kampung Ampel.

Foto-foto di beberapa spot di Surabaya... masih pagi loh...
Tulungagung

Rumah mbah menghadap rumah Mbak Ika, bukan menghadap jalan. Rumah Mbak Ika dan rumah kakaknya Mbah kung menghadap Jalan. Halaman rumah mejadi satu, gak ada pagar pembatas an…

ABG SMA Berprestasi

ABG SMA zaman sekarang  memang selalu dikait-kaitkan dengan hal-hal yang negatif. Narkoba, minuman keras, sex bebas hanyalah segelintir hal negatif yang selalu dikait-kaitkan dengan para ABG SMA. Hal ini sudah terlihat ketika kita mengetik kata ABG SMA di mesin pencari google, akan muncul jutaan hasil yang rata-rata pada halaman pertama adalah berita-berita tentang ABG SMA yang melakukan tindak kriminal atau kenakalan remaja. Tetapi sebagai ABG SMA, saya juga bisa melihat dengan jelas bahwa tidak semua ABG SMA nakal. Untuk membersihkan citra buruk ABG SMA Indonesia di mata dunia, saya ingin memamerkan prestasi salah satu ABG SMA asal Indonesia yang dapat menginspirasi kita semua.



Dia vivi, temen sebangku saya. Dia adalah atlet karate Nasional yang sudah berkali-kali mengikuti kejurnas dan berkali-kali membawa pulang medali-medali mulai dari emas sampai perunggu. Dia juga sudah berkali-kali berdiri di tengah lapangan setelah selesai upacara bendera di sekolah, menerima pemberian medali…

Do Not Rape Our National Heritages!

Today we can hear so many news on television about our national heritage which are stolen by other country.  We can search on google with the keyword “mencuri kebudayaan” and there are more than a million result in less than a second. It proved that there were bunch of people find the information about it. What kind of national heritage which is stolen by that country? Why are they steal our national heritages? And how to solve this case?
Our national heritages is not only tangible heritages like Candi Borobudur or Taman Nasional Komodo, but we also have so many Intangible cultural heritages which is manifested through these points below:
1.Oral traditions and expressions (including Language). e.g., Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, Bahasa Melayu, Bahasa Madura, Bahasa Padang, etcetera.
2.Performing arts (such as traditional music, dance and theatre) e.g., Gamelan (from Center Java, East Java and Bali), Tari Pendet (from Bali), Lenong (from Jakarta, Indonesia), etcetera.
3.Social practices, ritual…

Karakter Pendidik Yang Dapat Memajukan Bangsa

Pendidikan adalah topik yang tidak ada habisnya untuk diperbincangkan. Hal ini terjadi karena pendidikan adalah salah satu faktor terbesar yang dapat memengaruhi kemajuan suatu bangsa. Negara kita pun selalu berupaya untuk memajukan pendidikan demi kelangsungan hidup dimasa mendatang. Namun masih sering kita temui masalah-masalah yang menghambat perkembangan pendidikan, salah satu masalah tersebut adalah  mengenai pendidik.
Pendidik adalah suatu aspek terpenting dalam dunia pendidikan. Terlalu sempit jika kita mengartikan pendidik sebagai orang yang mengajar pelajaran sekolah. Pendidik sesungguhnya adalah orang yang dapat membentuk kepribadian seseorang menjadi manusia yang lebih tinggi derajatnya---bukan menjadikan kaya raya, melainkan memanusiakan manusia, bukan hanya dengan cara meningkatkan kecerdasan kognitif (Intelligence Quotient), tetapi juga meningkatkan kecerdasan emosional (Emotional Quotient) dan juga kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient) yang juga dapat memengaruhi kep…

Love at the First Sight itu Memang Benar Adanya

Pagi itu aku berdiri di depan gerbang sekolah baruku. Aku hampir tidak percaya aku sudah SMA. Mereka bilang SMA adalah masa yang paling indah, benar atau tidaknya pernyataan itu akan aku buktikan mulai saat ini.

Aku melangkah dengan semangat menuju ruang kelasku, terlihat Kania temanku dari SMP. Aku berlari-lari kecil untuk mengejarnya, aku memanggilnya, dia pun menoleh kearahku. Kami bersama-sama menuju ruang kelas kami---kelas X-1. Kami menyusuri lapangan dan ouch! Tangan kananku terserempet oleh seseorang, dia anak laki-laki. Aku belum sempat melihat wajahnya, karena kecepatan larinya cukup tinggi.
Kami memasuki ruang kelas kami. Kania memilih tempat duduk dibelakang seseorang yang baru saja menabrakku saat aku berjalan menuju kelas ini, belakangan aku mengetahui bahwa dia yang menabrakku karena aku hapal dengan warna tasnya. Kalau dilihat dengan seksama, dia yang duduk didepanku ini tampan juga. Dia bernama Faisal Malik Widya Prasetya, dan biasa dipanggil Ical. Nama panggilan yang…

Lagi Galau? Baca Nih!

GALAU... sebuah kata yang tersusun dari hanya lima huruf ini ternyata ajaib. Semua orang dibuatnya kacau.
Sebenarnya apa sih definisi galau?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia: ga·laua,ber·ga·lauasibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran); ke·ga·lau·annsifat (keadaan hal) galau Menurut gue: Galau itu sesuatu yang negatif dan gak pantes untuk digauli.
Oke, kalian sadar gak sih kalau sebenarnya tweets atau status kalian di facebook atau bahkan curhatan kegalauan kalian para blogger di blog kalian itu dapat memengaruhi pikiran dan perasaan orang lain juga.
Loh kok bisa sih? Yang galau gue kenapa yang lain juga bisa ikutan galau?
Bisa dong... ini semua karena tweets galau yang kalian pos twitter itu beraura negatif. Beraura negatif karena mengandung unsur-unsur yang buruk seperti kata-kata kotor yang kalian tulis untuk memaki orang lain dan kata-kata seperti; Bad mood, males, pusing, nyebelin, lama, bete, nangis, sedih, kesel, GALAU.
Nah, tweets kalian yang beraura negatif in…

Graduation Day

HORRAY... HORRAY... HORRAY...
mama... aku lulus ma...
10 Juni 2012 di S Rizki


Pas dikalungin medalinya... btw, di pojokan ada slide foto-foto gue dan temen-temen saat presentasi. Foto gue jelek banget... tapi lebih jelek lagi fotonya Niku.