Skip to main content

Karakter Pendidik Yang Dapat Memajukan Bangsa


Pendidikan adalah topik yang tidak ada habisnya untuk diperbincangkan. Hal ini terjadi karena pendidikan adalah salah satu faktor terbesar yang dapat memengaruhi kemajuan suatu bangsa. Negara kita pun selalu berupaya untuk memajukan pendidikan demi kelangsungan hidup dimasa mendatang. Namun masih sering kita temui masalah-masalah yang menghambat perkembangan pendidikan, salah satu masalah tersebut adalah  mengenai pendidik.

Pendidik adalah suatu aspek terpenting dalam dunia pendidikan. Terlalu sempit jika kita mengartikan pendidik sebagai orang yang mengajar pelajaran sekolah. Pendidik sesungguhnya adalah orang yang dapat membentuk kepribadian seseorang menjadi manusia yang lebih tinggi derajatnya---bukan menjadikan kaya raya, melainkan memanusiakan manusia, bukan hanya dengan cara meningkatkan kecerdasan kognitif (Intelligence Quotient), tetapi juga meningkatkan kecerdasan emosional (Emotional Quotient) dan juga kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient) yang juga dapat memengaruhi kepribadian orang-orang yang mereka didik kelak. Kecerdasan emosional sangat penting karena emosi adalah perasaan intens yang ditujukan oleh seseorang atau sesuatu dan setiap orang memberikan respon yang berbeda terhadap rangsangan pemicu emosi. Respon yang berbeda tersebut dipengaruhi oleh kecerdasan emosional masing-masing individu. Jika kecerdasan emosional seseorang rendah, maka dia akan sulit untuk mengatur emosinya sehingga sangat memengaruhi proses kehidupannya dan otomatis hal tersebut sangat merugikan dirinya sendiri. Sudah seharusnya pendidik melatih kecerdasan emosional orang-orang yang mereka didik supaya   mereka dapat mengatur emosi mereka menjadi emosi positif. Kecerdasan spiritual juga sangat penting karena hal ini berkaitan dengan akhlak manusia. Hendaknya para pendidik yang baik juga dapat membantu peserta didiknya untuk mengembangkan kecerdasan spiritual mereka. Nah, selain harus mengerti pentingnya kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual bagi keseimbangan hidup manusia, pendidik juga harus memiliki karakter yang dapat memajukan bangsa.

Yang pertama adalah humanis. Sebagaimana kita ketahui humanis adalah sifat manusiawi atau sifat manusia yang berakal dan berakhlak. Tidak bisa dibayangkan jika seorang pendidik tidak memiliki sifat ini, pastilah akan banyak sekali kasus-kasus penyiksaan terhadap peserta didik seperti yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Data dari Nasional World Vision Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan jumlah kasus kekerasan terhadap anak dalam kurun waktu dua tahun belakangan. Dari 1.626 kasus pada tahun 2008 meningkat menjadi 1.891 kasus pada tahun 2009, dari data 1.891 kasus pada tahun 2009 tercatat sebanyak 891 kasus kekerasan yang terjadi di lingkungan sekolah. Hal ini menggambarkan karakter pendidik Indonesia yang masih kurang manusiawi. Sebagai manusia yang dianugerahi akal dan hati nurani hendaklah bersikap selayaknya manusia, apalagi sebagai seorang pendidik yang sebenarnya adalah contoh bagi peserta didiknya seharusnya baik dalam bersikap.

Yang kedua adalah kreatif dan inovatif. Kreatif adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru. Sementara inovatif yaitu kemampuan dalam memperbaharui sesuatu yang sudah ada. Seorang pendidik yang mempunyai sifat kreatif dan inovatif pasti akan lebih sukses dalam mendidik. Mengapa? Karena dewasa ini, masyarakat terutama masyarakat modern lebih antusias dan terbuka pada hal-hal baru yang dapat menunjang kehidupannya. Hal ini sudah dilakukan oleh beberapa guru saya di sekolah, beberapa dari mereka sudah menerapkan metode belajar yang menyenangkan seperti belajar diluar ruang kelas untuk menciptakan suasana belajar yang baru atau menambah kosa kata bahasa inggris dengan bermain permainan hangman. Orang tua saya juga sangat kreatif, mereka memberikan saya CD interaktif matematika agar belajar matematika tidak terasa membosankan, karena dalam CD intraktif tersebut belajar matematika seperti bermain permainan di komputer. Pendidik yang kreatif dan inovatif dapat membuat peserta didiknya lebih bersemangat untuk belajar dan sukses dikemudian hari.

Selanjutnya adalah inspiratif. Seorang pendidik yang inspiratif dapat menanamkan sugesti dalam pikiran orang-orang yang mereka didik untuk menjadi lebih maju dan secara tidak langsung memberikan dorongan kepada mereka untuk terus berusaha dalam meraih cita-citanya. Seorang anak yang memiliki seseorang yang menjadi inspirasinya cenderung lebih bersemangat untuk mengejar apa yang mereka inginkan. Seperti halnya Adele, seorang penyanyi peraih 6 piala grammy pada ajang 54th Annual Grammy Awards bulan Februari lalu. Adele menjadikan Spice Girls sebagai inspirasinya dalam hal bermusik sehingga ia bersemangat mengejar karirnya. Mungkin tidak semua pendidik menjadi inspirasi bagi orang-orang yang mereka didik, tetapi para pendidik dapat menanamkan sugesti ke dalam pikiran peserta didiknya seperti menceritakan kisah-kisah sukses para tokoh-tokoh dunia sehingga mereka terinspirasi untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Jika para pendidik memiliki sifat humanis, kreatif, inovatif dan inspiratif, pasti  peserta didiknya akan lebih bersemangat lagi untuk menjadi manusia yang dapat memajukan bangsa. Selain itu, jika para pendidik mengerti bahwa kecerdasan spiritual dan emosional juga dapat mempengaruhi kepribadian orang-orang yang mereka didik dimasa mendatang, niscahya akan terlahir orang-orang sukses yang tidak hanya pintar, tetapi juga berbudi pekerti baik.


Comments

  1. sedang berkontes ria..? :D

    semoga sukses mbak.. :)

    karakter pendidik ya, bukan pengajar, sebab guru adalah pendidik, bukan pengajar.. :)

    ReplyDelete
  2. Keberhasilan suatu bangsa sangat ditentukan oleh SDMnya. SDM yang baik ini bisa dihasilkan melalui sistem "pendidikan" yang terstrukturisasi dengan baik pula sejak dini. Masyarakat skrg banyak menyalahkan pemerintah semata yg tidak becus mengelola lembaga pendidikan formalnya dimana ada sistem, guru, dsb disana, tapi ini juga tanggung jawab keluarga sebagai lembaga inform pertama, lingkungan, entitas dalam memberikan program pendidikan inform yang baik, dan semua orang yang sudah sadar bahwa bangsa ini butuh perubahan. Dan perubahan itu bisa dimulai dari sini.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Himouto! Umaru-chan (Anime TV Series)

Judul                 : Himouto! Umaru-chan Penulis              : Takashi Aoshima Sutradara         : Masahiko Ohta Tahun Tayang : 2015
Himouto! Umaru-chan adalah serial manga yang  ditulis oleh Sankaku Head yang kemudian diadaptasi ke dalam serial televisi pada tahun 2015 lalu, tepatnya anime ini tayang pada tanggal 9 Juli 2015 hingga 24 September 2015.
Kemarin saya baru saja selesai menonton serial anime ini. Hanya ada 12 episodes, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengetahui akhir cerita serial anime bergenre komedi ini.

Umaru adalah seorang gadis SMA yang sangat pintar, berbakat, baik hati, sangat cantik, serta menarik, sangat sempurna sehingga semua orang menyukainya. Namun sifat-sifat tersebut berubah drastis seketika Umaru masuk ke dalam apartemen kecil kakaknya, Taihei. Umaru berubah menjadi seorang pemalas. Ia hanya mau bermain game, makan, dan tidur.

Oke, langsung lanjut ke episode list of Himouto! Umaru-chan: Episode 1: Umaru and Onii-chan Episode 2: Umaru and Ebina Cha…

Review: Hana Korean Restaurant Cilegon

Hello, anyeong haseooo hehehe.
Liburan ini rata-rata aku habiskan waktuku di rumah menjalani hobi-hobi yang membahagiakanku, tapi aku sempat keluar bermain bersama teman-teman SMA beberapa kali (sebenarnya dengan si itu-itu saja sih). Nah, kemarin tanggal 2 Februari setelah aku ikut seminar di kampus, aku reunian lagi dengan teman-teman SMA, tapi kali ini bukan makan-makan dan ngobrol ngalor-ngidul di tempat makan mainstream yang biasa kita sambangi, melainkan di Hana Korean Restaurant yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 14, Kel. Kedaleman Kec. Cibeber, Cilegon, Banten seberang Giant Pondok Cilegon Indah.
Karena ini pertama kalinya aku ke restoran Korea (biasanya gak berani coba-coba makanan aneh, biasanya gak punya uang, biasanya gak ada temen yang ngajak), jadi begitu ada yang ngajak, aku pasti seneng banget dan gak nolak, dan pastinya berniat untuk bikin reviewnya.
So here i go, im going to review this Korean Restaurant.
Bagi teman-teman yang berjalan di Jalan Raya Cile…

Piknik Murah Meriah Ke Gunung Pinang

Kemarin Kamis, 26 Januari 2017 aku dan temanku Muhtar main ke Gunung Pinang di Jalan Raya Serang-Cilegon, tepatnya di Kramatwatu, Kabupaten Serang, tengah-tengah antara Kota Serang dan Cilegon. Tiba-tiba saja Rabu kemarin sepulangku dari Bogor Muhtar mengajakku main, karena aku penasaran sekali dengan spot foto Gunung Pinang yang sedang hits di kalangan anak gaul Serang-Cilegon, akhirnya aku mengajaknya main ke sana.
                That was the first time we are going there. Aku baru tahu kalau kami harus beli tiket dulu seharga Rp. 10.000,00 per orang untuk bisa naik ke puncak. But hey, Rp. 10.000,00 is worth to buy! Begitu beberapa meter motor ini melaju ke puncak yang cukup terjal, kami sudah merasakan sejuknya udara karena oksigen dari pepohonan di sekitar kami. Sangat berbeda dari beberapa saat lalu saat kami masih berada di jalan raya, panasnya Serang tiba-tiba diganti dengan sejuknya udara di Gunung Pinang yang menyegarkan. Cukup jauh jika harus berjalan kaki …