Skip to main content

Posts

Showing posts from 2013

Novel Versus Film 99 Cahaya di Langit Eropa (part 1)

Pagi 22 Desember lalu aku baru saja selesai membaca novel karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra yang berjudul 99 Cahaya di Langit Eropa dan siangnya aku langsung menonton film dengan judul yang sama, yang sudah ditayangkan di seluruh bioskop di Indonesia.
Kalau kita bertanya pada penggemar Harry Potter, kebanyakan dari mereka akan berkata bahwa filmnya tidak sebaik novelnya. Mereka menilai dari berbagai segi: cerita (yang mereka bilang tidak sedetail yang ada di novel), alur, deskripsi tokoh-tokohnya (yang mereka bilang tidak sesuai dengan yang ada di novel), dan lain-lain. Menurutku sesungguhnya novel dan film itu tidak bisa dibanding-bandingkan, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Tapi yang namanya membandingkan suatu cerita novel dan cerita film itu seru sekali, terlebih sekarang banyak sekali film-film yang diangkat dari novel. Wajarlah kalau aku membandingkan novel 99 Cahaya di Langit Eropa yang mulai terbit pada tahun 2011 ini dengan film y…

Resensi Buku: 99 Cahaya di Langit Eropa (Perjalanan Menapak Jejak Islam di Eropa)

Judul                : 99 Cahaya di Langit Eropa Penulis             : Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama Cetakan           : Ketujuh, April 2012 Genre               : Novel Perjalanan Tebal               : 412 Halaman
            Buku yang ditulis oleh Hanum Salsabiela Rais beserta sang suami Rangga Almahendra ini merupakan sebuah buku perjalanan rohani mereka ke tempat-tempat di Eropa serta menguak kisah-kisah sejarah peradaban Islam di Eropa yang pernah berjaya beberapa abad lalu. Dalam buku ini, perjalanan mereka terbagi menjadi empat rute utama: Wina (Austria), Paris (Perancis), Cordoba dan Granada (Spanyol), dan Istanbul (Turki).
            Petualangan mereka dimulai di Wina Austria, sesungguhnya tujuan utama mereka ke Austria adalah karena Rangga mendapatkan beasiswa doktoral di Wirtschaftsuniversität Wina, Austria. Hanum yang awalnya tidak ikut Rangga ke Austria akhirnya menyusul empat bulan setelah keberangkatan Rangga dari I…

Sebulan Lagi Ya... Sebulan Lagi!

Sebulan lagi aku berulang tahun yang ke-19. Ya, aku lahir pada tanggal 23 Desember. Itu adalah tahun terakhirku sebagai teen. Setelah itu aku sudah gak bisa dikatakan remaja lagi. Aku akan menjadi orang dewasa. Inginnya sih tahun tersebut---tahun terakhirku sebagai remaja menjadi tahun terbaik buatku. Pokoknya mah gak ada yang namanya sedih-sedihan, galau gak jelas apalagi sampai kehilangan arah. Pokoknya tahun 2014 harus menjadi tahun terbaik. Oh ya setiap tahun sejak aku berumur 15 tahun beranjak 16 tahun aku selalu membuat Birthday Wishlist. Tapi selalu saja ada yang gak pernah terpenuhi. Ya, this is my 19th birthday wishlist:
Teddy Bear sebesar orang yang berwarna cokelat atau krem tua. Sebenarnya aku menginginkan ini sejak aku berumur 15 tahun. Tapi gak pernah terpenuhi hingga sekarang. Please... anyone please buy me this.Converse warna krem tua. Sebenarnya udah punya, tapi yang warna hitam. Aku kurang suka.Semua Novel dan film yang ingin aku miliki. Banyak banget lah susah kalau …

Semangat Atu!

"Sukses, Mbak!" -Mama
"SUKSES!" -Papa Thank you so much for always supporting me. I really miss your voice on the telephone, it really makes me burst into tears to hear your encouragement. That's affect me so much.



Everyone has a right to be loved. They love me and i love them. Now i know that i don't need to seek some kinds of attention from others anymore.

Harus Ikhlas

Sudah hampir dua minggu aku menjalani aktivitas perkuliahan. Ya, minggu pertama masih perkenalan sama dosen-dosen dan mendapatkan beberapa tugas yang lumayan berat mulai dari PR dari buku sampai harus bikin makalah dan laporan serta presentasi, masih harus pakai bendera Jerman di lengan kiri (ospek jurusan), hari sabtu masih harus mengikuti rangkaian acara ospek jurusan. Teman-teman yang lain sepertinya semangat dan sangat menikmati awal perkuliahan mereka, aku ikut senang melihat mereka. Tapi itu bukan berarti aku benar-benar bahagia.

Aku biasa aja menjalani perkuliahan. Gak ada hal yang membuatku seperti, "Yes, aku harus bisa berprestasi! Aku senang sekali... 4 tahun lagi aku akan menjadi blablabla". Entahlah, mungkin lain ceritanya jika saat SBMPTN aku tetap memilih apa yang manjadi pilihanku. Well, sebenarnya Pendidikan Bahasa Jerman adalah jurusan yang aku pilih juga sih, sama sekali gak ada campur tangan orang lain dalam menentukan masa depanku. Hanya orang tua saja yan…

Digital Narcissism Personality Disorder

Am i suffering this kind of disorder? Aku mulai memikirkan ini setelah temenku mempresentasikan jenis kelainan ini saat final test LIA satu setengah tahun lalu.
Jadi gini loh singkatnya, Digital Narcissism Personality Disorder (DNPD) ini adalah suatu keadaan dimana seseorang narsis, suka cari perhatian dan pengakuan di dunia maya. Orang-orang yang mengalami ini biasanya tidak sadar dengan perbedaan yang terjadi pada dirinya yang suka cari perhatian, narsis dan lain-lain di dunia maya sementara bersikap biasa di dunia nyata.
Berikut ada beberapa ciri-ciri orang yang mengalami DNPD: Sering onlinePunya banyak teman di sosial mediaSering upload foto memamerkan kecantikan/ketampanan mereka (tebar pesona)Sering cari perhatian lewat tweet atau status mereka di sosial media atau melalui komentar yang mereka berikan kepada orang-orang di dunia mayaTerlihat agresif di dunia mayaKebanyakan teman-teman di dunia maya adalah kenalan baru, bukan teman sekolah atau lingkunganJaga image Dan masih bany…

Demo BBM?

Bahan Bakar Minyak naik memang memberatkan kita. Ongkos kendaraan umum jadi naik, harga barang-barang naik, bahkan biaya les pun naik sementara uang jajan dan gaji tidak naik. Inilah yang membuat kebanyakan masyarakat tidak menyetujui kenaikan harga BBM. Berita kenaikan BBM dan dampaknya di masyarakat pun masih hangat untuk diperbincangkan di media. Yang paling sering terdengar adalah demo penolakan kenaikan harga BBM yang dilakukan oleh banyak kalangan masyarakat Indonesia terutama mahasiswa.


Anarkis banget. Apalagi itu tuh, yang  pakai almamater. Katanya MAHAsiswa, tapi kok kelakuannya seperti tidak pernah mendapatkan pendidikan? Sesungguhnya ada banyak dampak negatif yang disebabkan oleh demo anarkis seperti ini. Rugi waktu. "Time is money" saya yakin semua yang membaca postingan ini juga pasti pernah dengar kutipan dari Benjamin Franklin itu. Saking berharganya waktu, beliau sampai mengibaratkan waktu dengan uang. Ya, memang waktu itu sangat berharga, bahkan mungkin lebi…

Aku Lolos

Alhamdulillah ya Allah. Setidaknya aku dapat berpuasa dengan tenang.
Ekspresi wajahku waktu lihat ini datar banget, gak bisa membayangkan gimana wajahku waktu baca tulisan-tulisan itu. Sampai aku lupa bersyukur.
Ini mungkin karena ada rasa senang sekaligus sedih. Memang aku anak labil, dulu gak mau sama sekali memilih jurusan ini apalagi sampai diterima. Sekarang giliran diterima malah bimbang. Aku merasa senang karena ini berarti udah gak ada beban di otak untuk memikirkan masalah perkuliahan tapi masih ada yang mengganjal---takut karena Bahasa Jerman sulit lah, masih ingin tes di universitas lain lah, masih penasaran dengan jurusan seni musik lah, ingin masuk ke seni musik lah dengan alasan yang aneh-aneh, belum lagi aku yang termakan omongan orang-orang bahwa di jurusan seni musik itu seru dan blahblahblah... Sampai jam segini aku masih haru dan masih dalam euforia kebahagiaan karena sudah berganti status dari pengangguran menjadi mahasiswa, tapi ya rasa penasaran akan jurusan lai…

Blue

Inginnya sih postingan pertama setelah lama tidak blogging adalah postingan yang "wow", postingan yang positif. Tapi entahlah, namanya juga manusia, toh pertama kali buat blog juga buat mengeluarkan apa yang gak bisa dikeluarkan oleh mulut.

Maafkan gue ya Allah, gak bersyukur. Tapi ini manusiawi kan? Gue takut, gue sedih, stress, depresi.
Ini alay ya? Tapi kan ini bisa dialami oleh siapa pun, oleh seorang motivator sekalipun, karena gak ada kan hidup yang sempurna?---yang bahagia terus sepanjang umur?

Menyontek atau Jujur?

Menyontek memang sudah membudaya. Siapa pun orangnya, dimanapun sekolahnya, dimanapun tempatnya bekerja, apapun pekerjaannya, menyontek memang sudah mengakar kuat di dalam budaya manusia zaman sekarang. Sebenarnya menyontek ada baiknya juga. Menurut Papa saya, kita tidak perlu mendalami hal-hal yang terlalu sulit dan yang tidak kita cintai, karena itu hanya menghabiskan waktu kita. Lebih baik kita mempelajari hal-hal lain, mengatur strategi lain. Sekarang kamu sukanya apa? Mau masuk jurusan apa? Nah, kalau begitu ya pelajari hal-hal spesial yang akan berguna untuk hidup kamu. Memangnya papa dulu mendalami pelajaran ini, fungsi matematika? Papa kerja tidak pernah ketemu rumus fungsi! Fisika semua... matematika ya yang sekiranya akan terpakai saja nanti ketika sudah kuliah dan kerja. Jadi ya hal-hal yang aneh-aneh tidak usah terlalu dipikirkan, cukup tahu saja. Ah, sungguh realistis. Memang ada beberapa teman saya juga berpikiran seperti itu, makannya mereka cenderung meremehkan pelajar…

Sexual Harassment in Public

"Ini adalah tema yang paling sulit." Itulah kalimat pertama yang keluar dari mulut saya saat saya membaca temanya. Rasanya saya ingin sekali memuat essay Si Fadhlan, teman saya yang setahun lalu pernah membuat essay yang bertema Sexual Harassment, kalau perlu ditambah dengan slide presentasinya yang memuat gambar yang aneh-aneh itu.

Sexual harassment yang berarti dalam bahasa Indonesia adalah pelecehan seksual merupakan perbuatan melanggar norma susila atau perbuatan melecehkan atau merendahkan harga diri seorang individu terkait dengan seks. Pelecehan seksual akhir-akhir ini memang sering terjadi, bahkan di tempat umum yang sudah jelas terdapat banyak mata yang akan menjadi saksi tidak juga dapat membatalkan niat seseorang untuk melakukan kejahatan tersebut, seperti yang pernah terjadi di terminal busway. Sebenarnya apa penyebab pelecehan seksual ini? dan bagaimana cara mengatasi pelanggaran norma asusila ini?
Menurut saya ada beberapa penyebab terjadinya pelecehan seksual.Ya…

J-U-J-U-R

JUJUR, menurut saya tema ini adalah tema tersulit yang pernah diberikan oleh BSO. Entah karena kejujuran itu sulit untuk dilakukan atau memang saya masih sering berbohong atau di lingkungan memang jarang sekali saya temukan orang yang jujur.
JUJUR menurut pengalaman saya adalah puas ketika berhasil mengerjakan ulangan sendiri tanpa bantuan, tanpa sontekan dan tanpa membantu orang lain dan mendapatkan nilai yang bagus sekaligus tertinggi di kelas.
JUJUR itu bisa membuat kita bahagia tapi juga bisa membuat kita sedih. Contoh JUJUR yang bisa membuat kita bahagia itu adalah ketika teman kita yang menyontek saat ulangan ketahuan guru dan kertas jawabannya diambil guru. WAHHHHH puas banget tuh... sebenarnya saya pernah liat teman (tukang nyontek) dirampas kertas jawabannya sama guru, dalam hati saya berkata, "mampus lo!" Saya tahu bahwa dengan saya berkata demikian walau dalam hati itu tidak baik, tapi itu memang luapan perasaan puas karena akhirnya Allah memberikan balasan untuk…

Gampangnya Menjaga Kebersihan

JAGALAH KEBERSIHAN!
KEBERSIHAN ADALAH SEBAGIAN DARI IMAN
Saya jamin, pasti blogger sudah sangat sering mendengar slogan tersebut, bahkan sampai hapal setiap katanya. Tapi apakah sudah diterapkan di keseharian? Sudah? Yakin sudah?
Sebenarnya yang membuat kita sulit untuk menjaga kebersihan itu adalah rasa malas. Padahal sudah jelas tempat sampah ada beberapa langkah dari tempat kita berdiri tapi karena kemalasan kita, kita jadi ogah untuk berjalan beberapa langkah untuk membuang sampah di tempat sampah yang sudah tersedia.
Nah, rasa malas itu muncul ketika tidak ada dorongan alias niat dari dalam diri kita. I believe that everything must be started from our  heart. Tidak ada hal yang dapat membuat kita semangat selain niat dari dalam diri kita sendiri.
Sekarang coba deh renungkan. Mana mungkin kita semangat belajar jika kita tidak memulainya dari niat dalam hati untuk mengejar cita-cita kita? Mana mungkin kita sholat tanpa membaca niat sholat? Mana mungkin kita semangat menjaga kebersih…

SMANSA FAIR X

Sebelumnya gue mau memaki diri gue sendiri dulu. Duh... Betapa begonya gue... foto-foto SMANSA FAIR DAY 1 hilang!!! hilang!!! HILANG!!! HILAAAANGGG!!!
Okay, SMANSA FAIR X DAY 1 itu super keren, gak kalah dengan hari ke-2 tapi sayang banget foto-fotonya hilang. Foto persiapan yang super mendadak, FOTO BUJANG GADIS especially BUJANG GADIS dari kelas gue yang super gila itu... yang jambak-jambakan di dipan para guru dan ratusan orang yang nonton mereka... Foto-foto gue dan yang lain pas lagi gila-gilaan keliling jualan makanan... pas lagi maksa orang-orang terutama adik-adik kelas untuk beli dagangan kelas gue... ARRRGGGHHH DOSA APA GUE KEHILANGAN FOTO-FOTO SEBANYAK ITU???
Okay, SMANSA FAIR yang setiap tahun diadakan ini berlangsung selama dua hari, hari Sabtu dan Minggu (26-27 Januari 2013) *astagfirullah... udah 2 minggu baru gue update*. Tahun kemarin bintang tamunya Souljah di hari pertama dan Gugun Blues Shelter di hari kedua. Tahun ini bintang tamunya hanya satu, mereka datang di …