Langsung ke konten utama

Digital Narcissism Personality Disorder

Am i suffering this kind of disorder? Aku mulai memikirkan ini setelah temenku mempresentasikan jenis kelainan ini saat final test LIA satu setengah tahun lalu.

Jadi gini loh singkatnya, Digital Narcissism Personality Disorder (DNPD) ini adalah suatu keadaan dimana seseorang narsis, suka cari perhatian dan pengakuan di dunia maya. Orang-orang yang mengalami ini biasanya tidak sadar dengan perbedaan yang terjadi pada dirinya yang suka cari perhatian, narsis dan lain-lain di dunia maya sementara bersikap biasa di dunia nyata.

Berikut ada beberapa ciri-ciri orang yang mengalami DNPD:
  1. Sering online
  2. Punya banyak teman di sosial media
  3. Sering upload foto memamerkan kecantikan/ketampanan mereka (tebar pesona)
  4. Sering cari perhatian lewat tweet atau status mereka di sosial media atau melalui komentar yang mereka berikan kepada orang-orang di dunia maya
  5. Terlihat agresif di dunia maya
  6. Kebanyakan teman-teman di dunia maya adalah kenalan baru, bukan teman sekolah atau lingkungan
  7. Jaga image
Dan masih banyak lagi ciri-cirinya, itu hanya ciri-ciri umumnya saja.

Biasanya sih orang-orang yang terkena ini adalah orang-orang yang sangat sederhana di dunia nyata, kurang gaul dan tertutup. Nah, karena dia malu bergaul secara langsung, maka dia cari cara untuk bisa mendapatkan perhatian di luar. Ya dengan cara mencari teman di dunia maya.

Jujur nih aku merasa aku begitu. Aku cenderung lebih cerewet di twitter daripada di sekolah. Aku gak pendiam sih, tapi kalau dibandingkan antara aku di dunia nyata dan di dunia maya berbeda. Aku juga sering upload foto di instagram, cari perhatian di omegle, mengkritik sesuatu di twitter dengan agak kasar. Aku emang ceplas-ceplos kalau ngomong, tapi di twitter aku lebih parah. Aku berusaha menghilangkan kebiasaanku di dunia maya tapi rasanya sulit untuk mengurangi waktu untuk online karena aku suka diperhatikan, aku suka ketika orang-orang bilang aku cantik, aku suka kalau ada orang menyapa aku duluan di chat facebook, ym dan lainnya. Salah gak sih aku begini? Tapi aku gak ngetwit 100-1000 twit sehari kok, aku juga gak sering ganti-ganti avatar atau profile picture, aku juga gak membuat status setiap hari. Tapi aku merasa ada yang gak beres aja. Gak ada yang menilaiku aneh-aneh, jadi aku sulit untuk mengambil keputusan apakah aku mengalami kelainan ini.

Gimana menurut kalian? Adakah yang mengalami dan kebetulan menyadari hal ini?

Komentar

  1. aku juga merasa seperti itu.. hahaha.. dunia maya memang tampak berbeda dengan dunia nyata

    BalasHapus
  2. sambil blog walking sambil ngomentar ah....
    aku ma crewet dimana aja, serius dah '-'

    BalasHapus
  3. Dunia maya itu bisa di bilang hening namun bising ya mbak :)

    Sehari aja ndak gentayangan di dunianya...mesti ada yg kurang di rasa hehe
    Salam :)

    BalasHapus
  4. Hmm ini memang sungguh terjadi, dan banyak terjadi pada kita kita yang dalam kesehariannya tidak lepas dari Blogging, FB , BBM dan juga media sosial lainnya. Saya kira ini materi yang menarik untuk dikaji dan didiskusikan kembali. Apakah ini termasuk dalam sindorm IAD (Internet Addictive Disorder)? Penyakit kecanduan Internet?

    BalasHapus
  5. hmmm
    saya juga kadang begitu
    sok eksis gitu
    hehehe
    namanya jg dunia maya

    BalasHapus
  6. aku sih tadinya nggak ngerasa, tapi setelah beberapa kali ketemu sama temen dari dunia maya, kebanyakan bilang aku kok aslinya lebih diem?
    jadi kepikiran, jangan2 emang aku mengidap itu :/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review: Himouto! Umaru-chan (Anime TV Series)

Judul                 : Himouto! Umaru-chan Penulis              : Takashi Aoshima Sutradara         : Masahiko Ohta Tahun Tayang : 2015
Himouto! Umaru-chan adalah serial manga yang  ditulis oleh Sankaku Head yang kemudian diadaptasi ke dalam serial televisi pada tahun 2015 lalu, tepatnya anime ini tayang pada tanggal 9 Juli 2015 hingga 24 September 2015.
Kemarin saya baru saja selesai menonton serial anime ini. Hanya ada 12 episodes, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengetahui akhir cerita serial anime bergenre komedi ini.

Umaru adalah seorang gadis SMA yang sangat pintar, berbakat, baik hati, sangat cantik, serta menarik, sangat sempurna sehingga semua orang menyukainya. Namun sifat-sifat tersebut berubah drastis seketika Umaru masuk ke dalam apartemen kecil kakaknya, Taihei. Umaru berubah menjadi seorang pemalas. Ia hanya mau bermain game, makan, dan tidur.

Oke, langsung lanjut ke episode list of Himouto! Umaru-chan: Episode 1: Umaru and Onii-chan Episode 2: Umaru and Ebina Cha…

Review: Hana Korean Restaurant Cilegon

Hello, anyeong haseooo hehehe.
Liburan ini rata-rata aku habiskan waktuku di rumah menjalani hobi-hobi yang membahagiakanku, tapi aku sempat keluar bermain bersama teman-teman SMA beberapa kali (sebenarnya dengan si itu-itu saja sih). Nah, kemarin tanggal 2 Februari setelah aku ikut seminar di kampus, aku reunian lagi dengan teman-teman SMA, tapi kali ini bukan makan-makan dan ngobrol ngalor-ngidul di tempat makan mainstream yang biasa kita sambangi, melainkan di Hana Korean Restaurant yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 14, Kel. Kedaleman Kec. Cibeber, Cilegon, Banten seberang Giant Pondok Cilegon Indah.
Karena ini pertama kalinya aku ke restoran Korea (biasanya gak berani coba-coba makanan aneh, biasanya gak punya uang, biasanya gak ada temen yang ngajak), jadi begitu ada yang ngajak, aku pasti seneng banget dan gak nolak, dan pastinya berniat untuk bikin reviewnya.
So here i go, im going to review this Korean Restaurant.
Bagi teman-teman yang berjalan di Jalan Raya Cile…

Piknik Murah Meriah Ke Gunung Pinang

Kemarin Kamis, 26 Januari 2017 aku dan temanku Muhtar main ke Gunung Pinang di Jalan Raya Serang-Cilegon, tepatnya di Kramatwatu, Kabupaten Serang, tengah-tengah antara Kota Serang dan Cilegon. Tiba-tiba saja Rabu kemarin sepulangku dari Bogor Muhtar mengajakku main, karena aku penasaran sekali dengan spot foto Gunung Pinang yang sedang hits di kalangan anak gaul Serang-Cilegon, akhirnya aku mengajaknya main ke sana.
                That was the first time we are going there. Aku baru tahu kalau kami harus beli tiket dulu seharga Rp. 10.000,00 per orang untuk bisa naik ke puncak. But hey, Rp. 10.000,00 is worth to buy! Begitu beberapa meter motor ini melaju ke puncak yang cukup terjal, kami sudah merasakan sejuknya udara karena oksigen dari pepohonan di sekitar kami. Sangat berbeda dari beberapa saat lalu saat kami masih berada di jalan raya, panasnya Serang tiba-tiba diganti dengan sejuknya udara di Gunung Pinang yang menyegarkan. Cukup jauh jika harus berjalan kaki …