Skip to main content

Review W (Serial TV Korea)

Judul                 : W
Genre                : Drama, Romance, Action.
Penulis              : Song Jae Jung
Sutradara           : Jung Dae Yoon
Tahun Rilis        : 20 Juli-8 September 2016
Statiun TV         : MBC
Jumlah Episode : 16 Episode

Cover Serial W
Sumber

Oh Yeon Joo (Han Hyo Joo) adalah seorang dokter ahli bedah yang cantik dan memiliki ayah seorang komikus yang aktif menulis webtoon laris berjudul W. Suatu hari Oh Yeon Joo mendapati ayahnya, Oh Sung Moo (Kim Eul Sung) menghilang dari kantornya, dia mencari kemana-mana namun tidak menemukan ayahnya hingga dia akhirnya sampai di ruang kerja ayahnya. Saat itu tiba-tiba situasinya berubah, Oh Yeon Joo tiba-tiba berada di atap sebuah gedung dan melihat seorang pria berlumuran darah dan sekarat.

Adegan Oh Yeon Joo masuk ke dunia webtoon untuk pertama kalinya. (Maaf spoiler hehe)
Sumber

Kang Chul (Lee Jong Suk) merupakan seorang atlet penembak Korea yang sukses dalam sebuah olimpiade, namun tidak lama setelah kesuksesannya itu, dia kehilangan seluruh keluarganya karena suatu insiden tragis di rumahnya. Dia didakwa membunuh seluruh keluarganya berdasarkan bukti bahwa keluarganya terbunuh karena tembakan tepat sasaran yang membuat seluruh masyarakat yakin bahwa Kang Chul yang membunuh keluarganya. Namun karena tuduhan tersebut tidak terbukti, akhirnya Kang Chul dikeluarkan dari penjara.

Kang Chul saat mengikuti olimpiade yang merupakan awal cerita di webtoon dalam drama ini. (Maaf spoiler hehe)
Sumber

Review

Saya baru saja selesai menonton serial tersebut beberapa hari lalu. Masih belum basi untuk membuat reviewnya, kan? Hehe.

Drama ini berkisah tentang perjalanan dua dunia, dunia nyata dimana manusia tinggal, dan dunia webtoon tempat dimana tokoh-tokoh komik ciptaan tinggal. Sangat menarik karena saya pribadi baru menonton sebuah serial unik seperti W---manusia masuk ke dunia komik, dan tokoh komik masuk ke dunia nyata manusia. Awalnya setelah mendengar desas-desus dari teman-teman, saya kira W adalah drama adaptasi webtoon Korea, tapi bukannya membuat drama adaptasi dari webtoon, drama ini justru menjadikan webtoon sebagai latar ceritanya. Ini yang membuat drama W menarik buat saya, dan kalau istilah untuk buku yang menarik adalah page turning book, bisa dibilang W adalah episode turning series.

Nggak mau kebanyakan spoiler, biar teman-teman pembaca penasaran.

Alur cerita drama ini maju-mundur. Para pembaca atau penonton mungkin cukup banyak yang bingung jika menonton film atau membaca sebuah cerita yang memiliki alur maju-mundur, begitu juga dengan W, cukup membuat saya bingung karena kadang menayangkan flashback kejadian, apalagi terdapat dua latar di cerita tersebut yaitu dunia nyata dan dunia webtoon. Jadi terkadang saya bingung apakah adegan ini ada di dunia nyata atau webtoon, namun setelah beberapa detik adegan atau ketika tokoh-tokoh lain muncul, saya baru bisa menyadari apakah adegan tersebut di dunia nyata atau webtoon. Bingung ya? Maaf agak susah menjelaskannya. Nonton aja deh!

Latar di drama ini adalah di dunia nyata, yaitu di Seoul, Korea Selatan, dan di dunia webtoon yang juga berlatar Seoul, Korea Selatan. Inilah yang membuat saya kadang bingung membedakan mana yang webtoon mana yang dunia nyata, karena dua-duanya sama-sama dibuat asli bukan campuran aksi dan animasi seperti film-film Holywood. Tapi untungnya penulis drama ini cukup mempermudah penonton untuk mengerti ceritanya dengan mengubah situasi dari siang ke malam atau dari rumah ke penjara setiap perpindahan tokoh-tokohnya ke dunia webtoon dan sebaliknya.

Penokohan dalam drama Korea ini sangat kuat. Dalam drama ini sering dijelaskan karakter-karakter tokohnya dan itu semua konsisten. Seperti ketika (maaf spoiler dikit) Kang Chul keluar dari dunia webtoon dan menembak Oh Sung Moo---pencipta karakternya yang tinggal dunia nyata---dia sengaja menembak tidak tepat sasaran karena sebenarnya Kang Chul memiliki karakter baik dan tidak mungkin membunuh orang yang tidak berbahaya walaupun dia sedang dalam keadaan marah sekalipun. Hal ini dijelaskan oleh Oh Sung Moo sendiri dalam dialognya dengan anaknya di episode ke sekian hehe. Karakter Oh Yeon Joo yang pemimpi dan optimis, karakter Oh Sung Moo yang bijak tapi mudah stress, dan karakter tokoh pendukung lainnya yang beragam namun semuanya unik dan nggak ada yang sia-sia.

Kang Chul muncul di dunia nyata.
Sumber

Overall drama ini seperti menjawab angan-angan saya untuk bisa masuk ke dunia komik dan dapat pacar tokoh komik atau sebaliknya, mengeluarkan tokoh komik dari komik ke dunia nyata dan menjadi pacar saya di dunia nyata hehe. Drama ini selalu bisa membuat saya penasaran. Begitu selesai menonton satu episode dan melihat spoiler episode selanjutnya, saya tidak tahan untuk terus lanjut menonton episode selanjutnya dan segera mengetahui endingnya. Very recommended! Sejak menonton episode 1 sampai 16 saya tidak pernah bosan.

Cover Serial W
Sumber


4,5 dari 5 bintang untuk W.

See you on my next post!

Comments

  1. bener banget, drakor W ini seru sekali, bergenre fantasy tapi ada romance sama actionnya juga..

    ReplyDelete
  2. Setuju! Penokohannya dibuat kuat banget :')
    Sama, aku juga ga pernah bosen selama nonton 16 episode :D

    ReplyDelete
  3. Alur cerita drama ini maju-mundur. hmm iya sekarang rata rata drama korea alurnya memang begini yah.
    aku belum nonton yang ini.
    Wkwkwk selama 2016 Drama nya bagus bagus, kalau di ikutin capek sendiri. Karena yagitu, kalau udah nonton rasanya ga bisa berhenti pengen di tonton sampe abis

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Hana Korean Restaurant Cilegon

Hello, anyeong haseooo hehehe.
Liburan ini rata-rata aku habiskan waktuku di rumah menjalani hobi-hobi yang membahagiakanku, tapi aku sempat keluar bermain bersama teman-teman SMA beberapa kali (sebenarnya dengan si itu-itu saja sih). Nah, kemarin tanggal 2 Februari setelah aku ikut seminar di kampus, aku reunian lagi dengan teman-teman SMA, tapi kali ini bukan makan-makan dan ngobrol ngalor-ngidul di tempat makan mainstream yang biasa kita sambangi, melainkan di Hana Korean Restaurant yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 14, Kel. Kedaleman Kec. Cibeber, Cilegon, Banten seberang Giant Pondok Cilegon Indah.
Karena ini pertama kalinya aku ke restoran Korea (biasanya gak berani coba-coba makanan aneh, biasanya gak punya uang, biasanya gak ada temen yang ngajak), jadi begitu ada yang ngajak, aku pasti seneng banget dan gak nolak, dan pastinya berniat untuk bikin reviewnya.
So here i go, im going to review this Korean Restaurant.
Bagi teman-teman yang berjalan di Jalan Raya Cile…

Review: Himouto! Umaru-chan (Anime TV Series)

Judul                 : Himouto! Umaru-chan Penulis              : Takashi Aoshima Sutradara         : Masahiko Ohta Tahun Tayang : 2015
Himouto! Umaru-chan adalah serial manga yang  ditulis oleh Sankaku Head yang kemudian diadaptasi ke dalam serial televisi pada tahun 2015 lalu, tepatnya anime ini tayang pada tanggal 9 Juli 2015 hingga 24 September 2015.
Kemarin saya baru saja selesai menonton serial anime ini. Hanya ada 12 episodes, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengetahui akhir cerita serial anime bergenre komedi ini.

Umaru adalah seorang gadis SMA yang sangat pintar, berbakat, baik hati, sangat cantik, serta menarik, sangat sempurna sehingga semua orang menyukainya. Namun sifat-sifat tersebut berubah drastis seketika Umaru masuk ke dalam apartemen kecil kakaknya, Taihei. Umaru berubah menjadi seorang pemalas. Ia hanya mau bermain game, makan, dan tidur.

Oke, langsung lanjut ke episode list of Himouto! Umaru-chan: Episode 1: Umaru and Onii-chan Episode 2: Umaru and Ebina Cha…

Piknik Murah Meriah Ke Gunung Pinang

Kemarin Kamis, 26 Januari 2017 aku dan temanku Muhtar main ke Gunung Pinang di Jalan Raya Serang-Cilegon, tepatnya di Kramatwatu, Kabupaten Serang, tengah-tengah antara Kota Serang dan Cilegon. Tiba-tiba saja Rabu kemarin sepulangku dari Bogor Muhtar mengajakku main, karena aku penasaran sekali dengan spot foto Gunung Pinang yang sedang hits di kalangan anak gaul Serang-Cilegon, akhirnya aku mengajaknya main ke sana.
                That was the first time we are going there. Aku baru tahu kalau kami harus beli tiket dulu seharga Rp. 10.000,00 per orang untuk bisa naik ke puncak. But hey, Rp. 10.000,00 is worth to buy! Begitu beberapa meter motor ini melaju ke puncak yang cukup terjal, kami sudah merasakan sejuknya udara karena oksigen dari pepohonan di sekitar kami. Sangat berbeda dari beberapa saat lalu saat kami masih berada di jalan raya, panasnya Serang tiba-tiba diganti dengan sejuknya udara di Gunung Pinang yang menyegarkan. Cukup jauh jika harus berjalan kaki …