Skip to main content

Review: Himouto! Umaru-chan (Anime TV Series)

Cover Serial Televisi Anime Himouto! Umaru-chan
Judul                 : Himouto! Umaru-chan
Penulis              : Takashi Aoshima
Sutradara         : Masahiko Ohta
Tahun Tayang : 2015

Himouto! Umaru-chan adalah serial manga yang  ditulis oleh Sankaku Head yang kemudian diadaptasi ke dalam serial televisi pada tahun 2015 lalu, tepatnya anime ini tayang pada tanggal 9 Juli 2015 hingga 24 September 2015.

Kemarin saya baru saja selesai menonton serial anime ini. Hanya ada 12 episodes, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengetahui akhir cerita serial anime bergenre komedi ini.


Umaru adalah seorang gadis SMA yang sangat pintar, berbakat, baik hati, sangat cantik, serta menarik, sangat sempurna sehingga semua orang menyukainya. Namun sifat-sifat tersebut berubah drastis seketika Umaru masuk ke dalam apartemen kecil kakaknya, Taihei. Umaru berubah menjadi seorang pemalas. Ia hanya mau bermain game, makan, dan tidur.


Oke, langsung lanjut ke episode list of Himouto! Umaru-chan:
Episode 1: Umaru and Onii-chan
Episode 2: Umaru and Ebina Chan
Episode 3: Umaru and Her Student
Episode 4: Umaru and Her Rival
Episode 5: Umaru and Summer Vacation
Episode 6: Umaru's Brithday
Episode 7: Umaru's Onii-chan
Episode 8: Umaru and Christmas and New Year
Episode 9: Umaru and Valentine
Episode 10: Umaru and Now and Once Upon A Time
Episode 11: Umaru's Day
Episode 12: Umaru and Everyone

Agak pusing kalau saya buat ringkasan setiap episodenya satu per satu. Berikut adalah penjelasan tentang cerita sekaligus karakter yang ada di dalam serial anime Himouto! Umaru-chan.

Himouto! Umaru-chan menceritakan tentang seorang gadis yang memiliki dua kepribadian berbeda ketika ia berada di luar dan di dalam rumah. Ketika di luar rumah, Umaru Doma adalah seorang gadis cantik, pintar, dan baik hati yang dapat membuat orang-orang menyukainya. Namun ketika di dalam rumah, dia selalu membuat kakaknya, Taihei Doma kesal karena sifat pemalasnya. Kakaknya jelas mengetahui perbedaan signifikan adiknya ketika berada di luar rumah dan di dalam rumah, namun dia tetap saja diam dan tidak terlalu mempermasalahkan perbedaan kepribadian adiknya itu.

Taihei Doma (Kakak Umaru)

Umaru Doma (versi cantik, ketika di luar rumah)

Umaru Doma (versi chibi, ketika di dalam rumah)

Umaru mempunyai banyak teman di sekolahnya karena dia sangat populer. Tapi teman terdekatnya adalah Nana Ebina, gadis yang berasal dari Akita (daerah di Jepang yang jauh dari Kota Tokyo) yang sangat polos dan selalu merasa rendah diri karena logat daerahnya. Ebina mengetahui sifat asli Umaru, namun dia tetap bungkam dan tidak ada niat jahat untuk menjatuhkan Umaru di sekolahnya karena merasa bahwa Umaru adalah sahabat baiknya.

Nana Ebina (teman sekolah Umaru)

Selain Ebina, ada juga Sylphynford Tachibana, orang kaya yang haus akan pengakuan orang-orang sekitar. Dia selalu saja menantang Umaru untuk bertanding renang, tennis, dan berlomba untuk mendapatkan peringkat pertama di kelas, namun dia selalu kalah dari Umaru. Tapi biarpun dia kalah, dia selalu mau mengakui kekalahannya. Pernah suatu ketika, dia hampir memenangkan kompetisi game di sebuah tempat bermain, yang lawannya adalah UMR singkatan dari Umaru, namun belum sempat dia menyelesaikan permainannya, dia melihat kakaknya, Alex Tachibana (rekan kerja Taihei Doma) dan dia merasa malu karena kakaknya mengenalnya sebagai sesosok anak yang anggun dan tidak pecicilan seperti yang terlihat di atas panggung saat kompetisi game itu berlangsung, hal itu membuatnya kabur dari arena game dan secara otomatis membuat Umaru menang. Namun di kesempatan lain, saat Sylphynford bertemu dengan UMR (memakai topeng seperti pada saat kompetisi game), mereka bermain bersama dan berteman baik. Dan hingga episode terakhir, Sylphyford tidak mengetahui identitas UMR yang asli.

Sylphynford Tachibana (teman sekolah Umaru dan rival UMR di kompetisi game)

Alex Tachibana (kakak Sylphynford dan rekan kerja Taihei Doma)

Ada pula Kirie Motoba, teman sekelas Umaru yang tidak memiliki teman karena dia dikenal sebagai sosok yang menakutkan di sekolah. Kirie Motoba sangat mengagumi Umaru karena kesempurnaannya saat di sekolah. Suatu hari Kirie mengembalikan kartu pelajar milik Umaru ke apartemen Taihei, kakak Umaru. Dan mendapati Umaru (versi kecil/chibi, gambar Umaru jadi berubah chibi ketika sampai di rumah dan malas-malasan, mungkin untuk memunculkan kesan lucu sehingga tidak terlihat terlalu menyebalkan) dalam jubah hamster oranye lucu yang selalu dia pakai jika bermalas-malasan di rumah. Kirie mengira dia adalah adik Umaru, sehingga dia memperlakukan Umaru versi chibi itu seperti nyonya besar dan sejak itu Kirie sering bermain ke apartemen Taihei hanya untuk menemani Umaru versi chibi bermain game. Sifat Kirie Motoba lambat laun jadi berubah dan tidak sekaku saat awal Umaru mengenalnya karena Kirie mulai bisa bersosialisasi sejak berteman dengan Umaru versi chibi. Dan hingga akhir episode, Kirie tidak mengetahui bahwa Umaru chibi adalah Umaru yang biasa dia temui di sekolah. Padahal pada episode terakhir Umaru hampir saja membeberkan rahasianya namun terpotong dengan cerita Kirie tentang latar belakang mengapa dia menjadi sosok yang menakutkan di sekolah, yang ternyata karena teman-teman di sekolahnya pernah mendapati dia menendang kakaknya---Takeshi Motoba (rekan kerja Taihei Doma) yang datang di acara penerimaan siswa baru---sehingga dia dicap sebagai perempuan yang menyeramkan.

Takeshi Motoba (rekan kerja Taihei Doma dan kakak Kirie Motoba)

Kirie Motoba (teman sekolah Umaru)

Manager Kanau (atasan Taihei, Takeshi, dan Alex)
Teman SMA Taihei dan Takeshi yang naksir Taihei namun tidak berani mengungkapkannya kepada Taihei.
Di serial anime hanya terlihat sebentar saja, mungkin banyak muncul di manga.

Overall, anime ini sangat recommended untuk orang-orang yang mencari tontonan yang lucu dan menghibur. Namun bagi mereka yang menginginkan tontonan seru yang konfliknya agak rumit, tidak disarankan untuk menonton serial anime ini karena konfliknya cenderung ringan dan itu-itu saja di setiap episodenya. Saya sendiri cenderung merasa bosan menonton episode 5 hingga episode 12 karena sudah mulai terasa konfliknya itu-itu saja dan resolusinya juga cenderung mudah dan tidak gereget.

Di akhir cerita, mereka berempat menjadi bersahabat.

2,5 dari 5 untuk Himouto! Umaru-chan.


See you on my next post!

Comments

Popular posts from this blog

Review: Hana Korean Restaurant Cilegon

Hello, anyeong haseooo hehehe.
Liburan ini rata-rata aku habiskan waktuku di rumah menjalani hobi-hobi yang membahagiakanku, tapi aku sempat keluar bermain bersama teman-teman SMA beberapa kali (sebenarnya dengan si itu-itu saja sih). Nah, kemarin tanggal 2 Februari setelah aku ikut seminar di kampus, aku reunian lagi dengan teman-teman SMA, tapi kali ini bukan makan-makan dan ngobrol ngalor-ngidul di tempat makan mainstream yang biasa kita sambangi, melainkan di Hana Korean Restaurant yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 14, Kel. Kedaleman Kec. Cibeber, Cilegon, Banten seberang Giant Pondok Cilegon Indah.
Karena ini pertama kalinya aku ke restoran Korea (biasanya gak berani coba-coba makanan aneh, biasanya gak punya uang, biasanya gak ada temen yang ngajak), jadi begitu ada yang ngajak, aku pasti seneng banget dan gak nolak, dan pastinya berniat untuk bikin reviewnya.
So here i go, im going to review this Korean Restaurant.
Bagi teman-teman yang berjalan di Jalan Raya Cile…

Piknik Murah Meriah Ke Gunung Pinang

Kemarin Kamis, 26 Januari 2017 aku dan temanku Muhtar main ke Gunung Pinang di Jalan Raya Serang-Cilegon, tepatnya di Kramatwatu, Kabupaten Serang, tengah-tengah antara Kota Serang dan Cilegon. Tiba-tiba saja Rabu kemarin sepulangku dari Bogor Muhtar mengajakku main, karena aku penasaran sekali dengan spot foto Gunung Pinang yang sedang hits di kalangan anak gaul Serang-Cilegon, akhirnya aku mengajaknya main ke sana.
                That was the first time we are going there. Aku baru tahu kalau kami harus beli tiket dulu seharga Rp. 10.000,00 per orang untuk bisa naik ke puncak. But hey, Rp. 10.000,00 is worth to buy! Begitu beberapa meter motor ini melaju ke puncak yang cukup terjal, kami sudah merasakan sejuknya udara karena oksigen dari pepohonan di sekitar kami. Sangat berbeda dari beberapa saat lalu saat kami masih berada di jalan raya, panasnya Serang tiba-tiba diganti dengan sejuknya udara di Gunung Pinang yang menyegarkan. Cukup jauh jika harus berjalan kaki …