Skip to main content

Aku Di Tahun 2020

Selamat Tahun Baru 2021!

It’s been a while since the last time I posted something on this blog. Well, I’ve been busy this past year, ternyata kerja sambil kuliah itu berat banget, tapi biar begitu aku selalu keep in mind, kalau aku masih punya waktu untuk nonton Naruto (iya, aku lanjutkan menonton Naruto), baca novel, dan santai-santai itu artinya ini masih normal, aku gak boleh ngeluh terus.

Tahun 2020 benar-benar tahunku, aku bisa kuliah dan kerja dengan baik-baik aja adalah suatu pencapaian dan aku gak boleh mengecilkan apa yang sudah aku capai, karena siapa lagi yang bisa menghargai itu semua jika bukan diriku sendiri. Disamping segala kebaikan yang aku dapatkan di tahun 2020, yang nyaris sesuai dengan doa-doaku, 2020 juga merupakan tahun yang agak buruk untukku juga. Covid-19 benar-benar membatasi ruang gerak (ya, walaupun gak ada Covid-19 pun ruang gerakku juga agak terbatas dan gak doyan keluar juga sih), membuat takut semua orang, dan aku jelas gak bisa untuk gak empati, ini bencana bersama, dan aku harus melakukan apa yang aku bisa terlepas dari segala rasa takut, ada rasa tanggungjawab harus jaga kesehatan diri biar gak membawa virus ke orang lain.

Untuk catatan buat generasi penerus yang mungkin akan baca tulisan ini:

Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. (sumber)

Covid-19 sudah heboh di China sejak akhir tahun 2019 hingga awal tahun 2020, kemudian menyebar di negara-negara lain dan jadi pandemi. Virus ini bikin semua negara siap siaga, dampak pandemic ini besar banget, mulai dari kesehatan, ekonomi, sosial, budaya, hingga politik.

Tahun 2020 secara status sosial dalam hal pekerjaan, pendidikan, aku membaik. But, in term of mental health, I don’t change much. Dan aku masih harus berusaha untuk berubah dan memperbaiki ini. Aku berusaha untuk baca buku self improvement walaupun gak semuanya menarik, tapi ya namanya juga belajar, kadang gak enak tapi I have to keep my ass on the chair and keep reading. Aku berusaha juga berdoa dan mengeluh langsung ke Allah, bukannya mengeluh di belakangNya, walaupun tatap saja aku merasa masih kurang, masih gak bersyukur, masih sering mengeluh. Kira-kira apa lagi ya yang harus aku kerjakan demi perbaikan ini?

Comments

Popular posts from this blog

Review: Himouto! Umaru-chan (Anime TV Series)

Cover Serial Televisi Anime Himouto! Umaru-chan Judul                 : Himouto! Umaru-chan Penulis              : Takashi Aoshima Sutradara         : Masahiko Ohta Tahun Tayang : 2015 Himouto! Umaru-chan adalah serial manga yang  ditulis oleh Sankaku Head yang kemudian diadaptasi ke dalam serial televisi pada tahun 2015 lalu, tepatnya anime ini tayang pada tanggal 9 Juli 2015 hingga 24 September 2015. Kemarin saya baru saja selesai menonton serial anime ini. Hanya ada 12 episodes, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengetahui akhir cerita serial anime bergenre komedi ini. Umaru adalah seorang gadis SMA yang sangat pintar, berbakat, baik hati, sangat cantik, serta menarik, sangat sempurna sehingga semua orang menyukainya. Namun sifat-sifat tersebut berubah drastis seketika Umaru masuk ke dalam apartemen kecil kakaknya, Taihei. Umaru berubah menjadi seorang pemalas. Ia hanya mau bermain game, makan, dan tidur. Oke, langsung lanjut ke epis

Review: Hana Korean Restaurant Cilegon

Hello, anyeong haseooo hehehe. Liburan ini rata-rata aku habiskan waktuku di rumah menjalani hobi-hobi yang membahagiakanku, tapi aku sempat keluar bermain bersama teman-teman SMA beberapa kali (sebenarnya dengan si itu-itu saja sih). Nah, kemarin tanggal 2 Februari setelah aku ikut seminar di kampus, aku reunian lagi dengan teman-teman SMA, tapi kali ini bukan makan-makan dan ngobrol ngalor-ngidul di tempat makan mainstream yang biasa kita sambangi, melainkan di Hana Korean Restaurant yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 14, Kel. Kedaleman Kec. Cibeber, Cilegon, Banten seberang Giant Pondok Cilegon Indah. Karena ini pertama kalinya aku ke restoran Korea (biasanya gak berani coba-coba makanan aneh, biasanya gak punya uang, biasanya gak ada temen yang ngajak), jadi begitu ada yang ngajak, aku pasti seneng banget dan gak nolak, dan pastinya berniat untuk bikin reviewnya. So here i go, im going to review this Korean Restaurant. Bagi teman-teman yang berjalan di

Review Konseling Via Aplikasi Riliv

Riliv adalah aplikasi layanan pengembangan psikologis dari Indonesia yang setahun belakangan ini sedang naik daun. Aku pribadi mengetahui Riliv dari akun instagramnya, @riliv , karena memang setahun hingga dua tahun belakangan ini aku cukup giat mencari tahu tentang pengembangan diri terutama dari sisi emosional. Walaupun aku tahu Riliv sejak lama, aku baru benar-benar menginstal aplikasi ini satu bulan lalu, sekitar pertengahan Desember dengan tujuan mendapatkan konseling dan tuntunan pengaturan emosi oleh para praktisi yang berpengalaman dengan harga yang cukup terjangkau. Riliv menyediakan layanan meditasi dan konseling dengan psikolog secara online. Untuk layanan meditasi, sejauh ini aku baru menggunakan 3 sesi meditasi dari banyak sesi meditasi yang tersedia, baik yang gratis maupun yang berbayar. Sesungguhnya dulu aku rajin sekali bermeditasi setiap pagi sehabis subuh sebelum beraktivitas, biasanya aku duduk di teras sambil tarik napas buang napas dan jalan-jalan mondar-man