Skip to main content

Pelatihan Dasar Broadcasting "Be A Great Radio Broadcaster"

Sudah hampir 2 tahun aku bergabung dengan Tirta FM, radio komunitas kampus UNTIRTA. Dunia broadcasting memang sudah menarik perhatianku sejak dulu kala, tapi baru beberapa tahun terakhir terutama saat aku bergabung dengan Tirta FM inilah aku mulai bisa benar-benar menikmati betapa menariknya dunia penyiaran. Ini bukan soal cuap-cuap di belakang mic yang terhubung dengan mixer, komputer, dan pemancar sinyal radio. Ini juga bukan soal kamu harus pintar ngomong untuk bisa nyemplung di dunia penyiaran. Menurutku ini soal kegemaran yang diiringi dengan niat.

Aku sangat kelewat percaya diri saat aku mengikuti rangkaian open recruitment Tirta FM hampir 2 tahun lalu. I know that im not that kind of person who has such a personality which is needed in broadcasting world. Tapi apa salahnya mencoba? Aku suka musik, aku suka mendengar orang berbicara, aku menggemari apa-apa yang ada di dunia penyiaran kreatif, dan itu yang membawaku sampai ke titik ini. Semoga saja titik ini bukan puncak, tapi masih ada lagi yang lebih besar dari ini.

Di Tirta FM aku pernah menjadi Program Manager, orang yang mengatur jalannya sebuah program. Ini sekitar satu setengah tahun lalu. Aku memegang program Ngopi-ngopi (Ngobrol Pribadi dan Ngomen Pilih-pilih) yang disiarkan setiap jam 7-9 malam. Ada juga Sudut Kelas yang disiarkan setiap minggu ke-1 dan ke-3 di hari Rabu jam 7-9 malam yang membahas isu-isu dunia terkini dengan mendatangkan narasumber terpercaya yaitu akademisi UNTIRTA.  Aku juga memegang Balada Tirta, drama radio yang disiarkan setiap minggu ke-2 dan ke-4 hari Rabu jam 7-9 malam.

Selain Program Manager, aku juga pernah menjadi Creative Production yang tugasnya membuat Iklan Layanan Masyarakat, Bridge, Bumper, Opening Jinggle, Insert, dan Voice Over dengan aplikasi editing suara. Ini salah satu keuntungan menjadi anak radio terutama yang menduduki posisi produksi kreatif, bisa mengedit-edit suara, pekerjaan ini seru sekali sebenarnya, apalagi kalau sudah mahir menggunakan aplikasi-aplikasinya.

Kemudian sekarang, sejak 28 Desember 2016 lalu, aku untuk pertamakalinya dalam hidupku menjadi sekretaris. Ini tugas berat tentu saja. Apalagi untuk aku yang bukan anak organisasi banget. Tapi ya mau gimana lagi? Kalau tidak mencoba, aku tidak akan pernah punya pengalaman. Dan acara Pelatihan Dasar Broadcasting “Be A Great Radio Broadcaster” yang dilaksanakan pada 24-25 Februari 2017 kemarin itu menjadi debut pertamaku menjadi sekretaris di Tirta FM.

Pelatihan Dasar Broadcasting “Be A Great Radio Broadcaster” merupakan rangkaian acara Open Recuitment 107,9 Tirta FM. Jadi untuk mereka yang sudah lolos tahap administrasi dan wawancara bisa mengikuti pelatihan dasar broadcasting sebagai bekal magang yang akan dilaksanakan pada 6-31 Maret nanti.

Pamflet Open Recruitment Tirta FM kemarin.

Saat liburan kami cukup disibukan dengan persiapan Pelatihan Dasar Broadcasting ini mulai dari konsep, siapa saja pematerinya, sampai siapa yang jadi MC selama dua hari dilaksanakannya Pelatihan Dasar Broadcasting ini. Aku sendiri yang mengurusi surat-surat keluar dan berbagai hal yang berkaitan dengan kesekretariatan. Ternyata jadi sekretaris tidak semudah seperti apa yang aku lihat sebelum aku berada di posisi ini.

So here they are, some pictures of the moment.

Day 1:

Materi P3SPS oleh Ronny Yudhi Septa Priana, S.Ikom., M.Si selaku Ketua BPPK Tirta FM.

Materi Ke-Tirta-FM-an oleh General Manager Tirta FM Yunita Sintono.

Materi Pengenalan Program-program Tirta FM oleh Program Director Tirta FM Hendra Fitriansyah.

MC hari pertama Workshop: Eneng dan Fiedy.

Kru Tirta FM.

Uunncchh mesra banget.

Day 2:

Materi Creative Production oleh Balai Monitor Tirta FM sekaligus Penyiar Pass FM Soffal Yahsya.

Sebenarnya setelah materi Creative Production ada 4 games Team Building, but i don't have the pictures.

Materi Dasar Penyiaran oleh alumni Tirta FM yang sekarang sudah jadi Penyiar Pass FM Maharani Putri, S.Ikom.

Materi Music Directing oleh Agus Martin dari AMDI.

Para Calon Kru 017,9 Tirta FM. Terimakasih sudah merelakan waktu weekend-nya demi ikut workshop Tirta FM. :)
Semoga ilmunya bermanfaat.

Para Kru dan Calon Kru 107,9 Tirta FM.

Terimakasih teman-teman kru Tirta FM untuk kerjasamanya untuk menyukseskan acara perdana kita yang benar-benar tanpa senior Tirta FM yang ikut bergabung terjun langsung. Terimakasih untuk para pemateri yang sudah menyempatkan waktunya untuk hadir dan berbagi ilmu untuk kita semua dan calon kru. Terimakasih untuk alumni Tirta FM yang sudah menyempatkan untuk hadir. Dan terimakasih untuk para calon kru Tirta FM yang selalu semangat mengikuti workshop, semoga berhasil hingga menjadi kru Tirta FM.

See you on my next post!

Comments

Popular posts from this blog

Review: Hana Korean Restaurant Cilegon

Hello, anyeong haseooo hehehe.
Liburan ini rata-rata aku habiskan waktuku di rumah menjalani hobi-hobi yang membahagiakanku, tapi aku sempat keluar bermain bersama teman-teman SMA beberapa kali (sebenarnya dengan si itu-itu saja sih). Nah, kemarin tanggal 2 Februari setelah aku ikut seminar di kampus, aku reunian lagi dengan teman-teman SMA, tapi kali ini bukan makan-makan dan ngobrol ngalor-ngidul di tempat makan mainstream yang biasa kita sambangi, melainkan di Hana Korean Restaurant yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 14, Kel. Kedaleman Kec. Cibeber, Cilegon, Banten seberang Giant Pondok Cilegon Indah.
Karena ini pertama kalinya aku ke restoran Korea (biasanya gak berani coba-coba makanan aneh, biasanya gak punya uang, biasanya gak ada temen yang ngajak), jadi begitu ada yang ngajak, aku pasti seneng banget dan gak nolak, dan pastinya berniat untuk bikin reviewnya.
So here i go, im going to review this Korean Restaurant.
Bagi teman-teman yang berjalan di Jalan Raya Cile…

Review: Himouto! Umaru-chan (Anime TV Series)

Judul                 : Himouto! Umaru-chan Penulis              : Takashi Aoshima Sutradara         : Masahiko Ohta Tahun Tayang : 2015
Himouto! Umaru-chan adalah serial manga yang  ditulis oleh Sankaku Head yang kemudian diadaptasi ke dalam serial televisi pada tahun 2015 lalu, tepatnya anime ini tayang pada tanggal 9 Juli 2015 hingga 24 September 2015.
Kemarin saya baru saja selesai menonton serial anime ini. Hanya ada 12 episodes, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengetahui akhir cerita serial anime bergenre komedi ini.

Umaru adalah seorang gadis SMA yang sangat pintar, berbakat, baik hati, sangat cantik, serta menarik, sangat sempurna sehingga semua orang menyukainya. Namun sifat-sifat tersebut berubah drastis seketika Umaru masuk ke dalam apartemen kecil kakaknya, Taihei. Umaru berubah menjadi seorang pemalas. Ia hanya mau bermain game, makan, dan tidur.

Oke, langsung lanjut ke episode list of Himouto! Umaru-chan: Episode 1: Umaru and Onii-chan Episode 2: Umaru and Ebina Cha…

Piknik Murah Meriah Ke Gunung Pinang

Kemarin Kamis, 26 Januari 2017 aku dan temanku Muhtar main ke Gunung Pinang di Jalan Raya Serang-Cilegon, tepatnya di Kramatwatu, Kabupaten Serang, tengah-tengah antara Kota Serang dan Cilegon. Tiba-tiba saja Rabu kemarin sepulangku dari Bogor Muhtar mengajakku main, karena aku penasaran sekali dengan spot foto Gunung Pinang yang sedang hits di kalangan anak gaul Serang-Cilegon, akhirnya aku mengajaknya main ke sana.
                That was the first time we are going there. Aku baru tahu kalau kami harus beli tiket dulu seharga Rp. 10.000,00 per orang untuk bisa naik ke puncak. But hey, Rp. 10.000,00 is worth to buy! Begitu beberapa meter motor ini melaju ke puncak yang cukup terjal, kami sudah merasakan sejuknya udara karena oksigen dari pepohonan di sekitar kami. Sangat berbeda dari beberapa saat lalu saat kami masih berada di jalan raya, panasnya Serang tiba-tiba diganti dengan sejuknya udara di Gunung Pinang yang menyegarkan. Cukup jauh jika harus berjalan kaki …