Skip to main content

FIELD TRIP TO DPR/MPR RI

26 Juli 2016 Aku dan teman-teman Ilmu Komunikasi UNTIRTA 2013 dan 2014 field trip ke gedung DPR/MPR RI. Seminggu sebelumnya, di chat room grup angkatan muncul pengumuman mengenai field trip ini. Katanya sih field trip kehumasan. Aku saat itu senang sekali, walaupun keadaan sedang gak ada uang, karena aku pikir ke Jakarta gak membutuhkan uang banyak.

Dan benar saja, kami hanya cukup membayar uang sejumlah 25,000 rupiah untuk bisa sampai ke sana dengan segala akomodasi yang memadai. Senangnya kuliah di UNTIRTA, sering-sering adakan field trip murah meriah seperti ini.

with Bocin. Aku lagi makan lontong.

Di sana, tidak sesuai dugaan sih. Aku kira kami bisa bertemu banyak sekali anggota DPR dan MPR yang lalu-lalang hendak mengikuti rapat. Aku kira kami akan mendapatkan materi-materi kehumasan seperti bagaimana menjadi humas DPR/MPR yang pasti sangat berat, dan sebagainya. Ternyata tidak ada anggota DPR dan MPR yang sibuk berjalan menuju ruang rapat atau menuju tempat parkir untuk segera pulang untuk melayani rakyat yang mereka wakili. Ternyata aku juga tidak mendapatkan materi kehumasan (dapet sih, tapi setelah ada beberapa teman yang bertanya pertanyaan yang nyerempet ke arah tersebut).

atas: Setelah kuliah dari bapak Johnson, Staf Badan Keahlian DPR RI mengenai tugas, fungsi, alat kelengkapan DPR, dan Public Policy.
bawah: Setelah kuliah dari Biro Humas MPR.

Tapi walaupun diluar dugaan, walaupun beberapa teman harus kecewa karena tidak bisa bertemu Anang Hermansyah atau Eko Patrio, walaupun kami mendapatkan materi yang agak keluar dari ekspektasi kami, kami tetap senang. Kami, setidaknya aku, mendapatkan pengalaman yang berharga karena akhirnya aku bisa menginjakan kaki di gedung yang sering aku lihat di TV, akhirnya aku merasakan atmosfer yang juga dirasakan oleh para wakil rakyat ketika mereka melaksanakan tugasnya di sana, aku juga baru tahu kalau di gedung itu ada museumnya.

Di halaman gedung MPR/DPR RI.

Selfie terooos. Tapi itu masih mending, ada yang nyampe ratusan foto. Gileee bener dah gak abis pikir.

Di toilet MPR/DPR yang katanya renovasinya sampe milyaran itu. Emang bersih dan mewah sih hehe padahal mah isinya standar, ada closet, ada westafel, ada pintu, dan ada kaca.

Aku mendapati beberapa temanku berdoa kelak bisa bekerja di gedung tersebut, berdoa bisa menjadi staff humas atau bahkan kepala biro humas DPR/MPR. Sedangkan aku berdoa untuk bisa menjadi bagian dari PBB, yang menurutku sama baiknya.

Field trip menurutku bukan saja untuk menambah ilmu dan pengalaman perjalanan, tapi juga menjadi motivasi dan doa serta inspirasi untuk bisa meraih cita-cita atau menjadi lebih baik atau menjadi seperti apa yang kita lihat di tempat baru tersebut.

That day was a wonderful day. Mungkin orang bilang, itu cuma study tour biasa, cuma setengah hari, anak TK juga pernah study tour di sana, tapi bagiku itu menyenangkan. Apalagi aku membawa banyak sekali oleh-oleh file foto-foto kami selama di sana hehe.


See ya on my next post!

Comments

Popular posts from this blog

Review: Himouto! Umaru-chan (Anime TV Series)

Cover Serial Televisi Anime Himouto! Umaru-chan Judul                 : Himouto! Umaru-chan Penulis              : Takashi Aoshima Sutradara         : Masahiko Ohta Tahun Tayang : 2015 Himouto! Umaru-chan adalah serial manga yang  ditulis oleh Sankaku Head yang kemudian diadaptasi ke dalam serial televisi pada tahun 2015 lalu, tepatnya anime ini tayang pada tanggal 9 Juli 2015 hingga 24 September 2015. Kemarin saya baru saja selesai menonton serial anime ini. Hanya ada 12 episodes, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengetahui akhir cerita serial anime bergenre komedi ini. Umaru adalah seorang gadis SMA yang sangat pintar, berbakat, baik hati, sangat cantik, serta menarik, sangat sempurna sehingga semua orang menyukainya. Namun sifat-sifat tersebut berubah drastis seketika Umaru masuk ke dalam apartemen kecil kakaknya, Taihei. Umaru berubah menjadi seorang pemalas. Ia hanya mau bermain game, makan, dan tidur. Oke, langsung lanjut ke epis

Review: Hana Korean Restaurant Cilegon

Hello, anyeong haseooo hehehe. Liburan ini rata-rata aku habiskan waktuku di rumah menjalani hobi-hobi yang membahagiakanku, tapi aku sempat keluar bermain bersama teman-teman SMA beberapa kali (sebenarnya dengan si itu-itu saja sih). Nah, kemarin tanggal 2 Februari setelah aku ikut seminar di kampus, aku reunian lagi dengan teman-teman SMA, tapi kali ini bukan makan-makan dan ngobrol ngalor-ngidul di tempat makan mainstream yang biasa kita sambangi, melainkan di Hana Korean Restaurant yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 14, Kel. Kedaleman Kec. Cibeber, Cilegon, Banten seberang Giant Pondok Cilegon Indah. Karena ini pertama kalinya aku ke restoran Korea (biasanya gak berani coba-coba makanan aneh, biasanya gak punya uang, biasanya gak ada temen yang ngajak), jadi begitu ada yang ngajak, aku pasti seneng banget dan gak nolak, dan pastinya berniat untuk bikin reviewnya. So here i go, im going to review this Korean Restaurant. Bagi teman-teman yang berjalan di

Review Konseling Via Aplikasi Riliv

Riliv adalah aplikasi layanan pengembangan psikologis dari Indonesia yang setahun belakangan ini sedang naik daun. Aku pribadi mengetahui Riliv dari akun instagramnya, @riliv , karena memang setahun hingga dua tahun belakangan ini aku cukup giat mencari tahu tentang pengembangan diri terutama dari sisi emosional. Walaupun aku tahu Riliv sejak lama, aku baru benar-benar menginstal aplikasi ini satu bulan lalu, sekitar pertengahan Desember dengan tujuan mendapatkan konseling dan tuntunan pengaturan emosi oleh para praktisi yang berpengalaman dengan harga yang cukup terjangkau. Riliv menyediakan layanan meditasi dan konseling dengan psikolog secara online. Untuk layanan meditasi, sejauh ini aku baru menggunakan 3 sesi meditasi dari banyak sesi meditasi yang tersedia, baik yang gratis maupun yang berbayar. Sesungguhnya dulu aku rajin sekali bermeditasi setiap pagi sehabis subuh sebelum beraktivitas, biasanya aku duduk di teras sambil tarik napas buang napas dan jalan-jalan mondar-man