Skip to main content

J-U-J-U-R

JUJUR, menurut saya tema ini adalah tema tersulit yang pernah diberikan oleh BSO. Entah karena kejujuran itu sulit untuk dilakukan atau memang saya masih sering berbohong atau di lingkungan memang jarang sekali saya temukan orang yang jujur.

JUJUR menurut pengalaman saya adalah puas ketika berhasil mengerjakan ulangan sendiri tanpa bantuan, tanpa sontekan dan tanpa membantu orang lain dan mendapatkan nilai yang bagus sekaligus tertinggi di kelas.

JUJUR itu bisa membuat kita bahagia tapi juga bisa membuat kita sedih. Contoh JUJUR yang bisa membuat kita bahagia itu adalah ketika teman kita yang menyontek saat ulangan ketahuan guru dan kertas jawabannya diambil guru. WAHHHHH puas banget tuh... sebenarnya saya pernah liat teman (tukang nyontek) dirampas kertas jawabannya sama guru, dalam hati saya berkata, "mampus lo!" Saya tahu bahwa dengan saya berkata demikian walau dalam hati itu tidak baik, tapi itu memang luapan perasaan puas karena akhirnya Allah memberikan balasan untuk saya yang jujur dan untuk dia yang tidak jujur. Contoh JUJUR yang bisa membuat kita sedih adalah ketika kita yang berada di posisi si tukang nyontek. Sudah pasti dia sedih karena kertas jawaban yang belum terisi semua diambil guru, usaha dia menyontek sia-sia, namanya menjadi jelek di mata guru dan teman-teman sekaligus teman-teman dari kelas lain yang mendengar kabar perampasan kertas jawaban miliknya dan sebagai manusia yang normal, otomatis dia sangat menyesal akan perbuatannya.

JUJUR itu bisa membuat kita lega.

JUJUR itu baik.

JUJUR itu bisa mendapatkan pahala.

Jadi, ayo jujur! Jangan cuma jujur di dunia nyata saja, tapi di dunia maya juga!

Jangan bisanya cuma copy-paste tulisan orang! Mem-publish karya sendiri itu rasanya lebih puas loh daripada mem-publish karya orang lain. Percuma mendapatkan banyak komentar, traffic naik dan follower bertambah kalau isi blog atau web-nya cuma hasil copy-paste.

Saya sendiri juga masih suka berbohong kok, tapi saya akan terus berusaha untuk jujur. Kalau masalah jujur di dunia maya, insyaallah sudah saya laksanakan sejak awal. Karena saya punya blog, saya punya beberapa tulisan di kemudian.com dan akun-akun lain di dunia maya, jadi kurang lebih saya tahu bagaimana rasanya apabila tulisan-tulisan saya di copy-paste oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Kalau menurut saya sih jujur di dunia nyata yang sulit karena di dunia nyata kita dihadapkan dengan banyak kejadian-kejadian yang menuntut kita untuk jujur atau sebaliknya karena dibalik kejadian-kejadian itu pasti akan ada akhir yang baik dan yang buruk, nah akhir yang baik dan yang buruk inilah yang mendorong kita untuk melakukan proses hidup dengan jujur atau tidak. Contohnya ya saat ulangan, sebagai siswa otomatis kita ingin mendapatkan nilai yang bagus, ada dua pilihan untuk mencapai hasil yang bagus yaitu mengerjakan ulangan dengan cara yang jujur tetapi harus belajar sungguh-sungguh atau mengerjakan ulangan dengan cara kotor tanpa belajar tetapi dengan resiko kepergok guru.

Jadi, ayo jujur dimana pun kita berada! Karena kita tidak akan pernah tahu kejadian apa yang menimpa kita setelah kita jujur. Mungkin suatu hari kita menemukan dompet di jalan, lalu kita berikan ke kantor polisi dan setelah sang pemilik berhasil menemukan dompetnya dia malah menawarkan pekerjaan untuk kita yang masih menganggur. Atau ketika kita rajin menulis di blog dengan tulisan 100% asli dari ide-ide di otak kita, ada penerbit buku yang tertarik untuk menerbitkan tulisan-tulisan kita. Siapa yang tahu? Tuhan itu Maha Adil.


Ahhh... maaf ya tulisan kali ini berantakan. Saya sedang sakit Chikungunya. Tulang-tulang jari sakit, walaupun cuma buat mengetik. Doakan semoga cepat sembuh ya, setidaknya sampai selesai UN.

Comments

  1. walaupun sulit tapi nice post annis :)
    cepet sembuh yaa sayang, sukses buat UN nya juga..
    SEMANGAAAAAAAAAAAAAT :)

    ReplyDelete
  2. Sepaham bahwa tema ini yang paling bikin otak saya melar.. ˆ⌣ˆ Btw itu pengakuan yang jujur banget~ ˆ⌣ˆ

    ReplyDelete
  3. On New Years Day if a man is the first priority and deficit reduction is the second part of a panel on" Digital Darwinism," along with Michael Eisner and Adobe CEO Shantanu Narayen.
    They're not unusable, sex cam but it's also
    a worse one than any other automatic EQ setting we've tried on other devices in the line. 18 scRnd sex cam 3: 2 sc in each next 2 chs.

    Look into my homepage; sex cams

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Review: Himouto! Umaru-chan (Anime TV Series)

Judul                 : Himouto! Umaru-chan Penulis              : Takashi Aoshima Sutradara         : Masahiko Ohta Tahun Tayang : 2015
Himouto! Umaru-chan adalah serial manga yang  ditulis oleh Sankaku Head yang kemudian diadaptasi ke dalam serial televisi pada tahun 2015 lalu, tepatnya anime ini tayang pada tanggal 9 Juli 2015 hingga 24 September 2015.
Kemarin saya baru saja selesai menonton serial anime ini. Hanya ada 12 episodes, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengetahui akhir cerita serial anime bergenre komedi ini.

Umaru adalah seorang gadis SMA yang sangat pintar, berbakat, baik hati, sangat cantik, serta menarik, sangat sempurna sehingga semua orang menyukainya. Namun sifat-sifat tersebut berubah drastis seketika Umaru masuk ke dalam apartemen kecil kakaknya, Taihei. Umaru berubah menjadi seorang pemalas. Ia hanya mau bermain game, makan, dan tidur.

Oke, langsung lanjut ke episode list of Himouto! Umaru-chan: Episode 1: Umaru and Onii-chan Episode 2: Umaru and Ebina Cha…

Review: Hana Korean Restaurant Cilegon

Hello, anyeong haseooo hehehe.
Liburan ini rata-rata aku habiskan waktuku di rumah menjalani hobi-hobi yang membahagiakanku, tapi aku sempat keluar bermain bersama teman-teman SMA beberapa kali (sebenarnya dengan si itu-itu saja sih). Nah, kemarin tanggal 2 Februari setelah aku ikut seminar di kampus, aku reunian lagi dengan teman-teman SMA, tapi kali ini bukan makan-makan dan ngobrol ngalor-ngidul di tempat makan mainstream yang biasa kita sambangi, melainkan di Hana Korean Restaurant yang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 14, Kel. Kedaleman Kec. Cibeber, Cilegon, Banten seberang Giant Pondok Cilegon Indah.
Karena ini pertama kalinya aku ke restoran Korea (biasanya gak berani coba-coba makanan aneh, biasanya gak punya uang, biasanya gak ada temen yang ngajak), jadi begitu ada yang ngajak, aku pasti seneng banget dan gak nolak, dan pastinya berniat untuk bikin reviewnya.
So here i go, im going to review this Korean Restaurant.
Bagi teman-teman yang berjalan di Jalan Raya Cile…

Piknik Murah Meriah Ke Gunung Pinang

Kemarin Kamis, 26 Januari 2017 aku dan temanku Muhtar main ke Gunung Pinang di Jalan Raya Serang-Cilegon, tepatnya di Kramatwatu, Kabupaten Serang, tengah-tengah antara Kota Serang dan Cilegon. Tiba-tiba saja Rabu kemarin sepulangku dari Bogor Muhtar mengajakku main, karena aku penasaran sekali dengan spot foto Gunung Pinang yang sedang hits di kalangan anak gaul Serang-Cilegon, akhirnya aku mengajaknya main ke sana.
                That was the first time we are going there. Aku baru tahu kalau kami harus beli tiket dulu seharga Rp. 10.000,00 per orang untuk bisa naik ke puncak. But hey, Rp. 10.000,00 is worth to buy! Begitu beberapa meter motor ini melaju ke puncak yang cukup terjal, kami sudah merasakan sejuknya udara karena oksigen dari pepohonan di sekitar kami. Sangat berbeda dari beberapa saat lalu saat kami masih berada di jalan raya, panasnya Serang tiba-tiba diganti dengan sejuknya udara di Gunung Pinang yang menyegarkan. Cukup jauh jika harus berjalan kaki …